Kamis, 07 November 2013

Diet Ala Dedy Corbuzier, Bahaya Serta Menuai Pro dan Kontra


Rumah-Berita, Yogyakarta - Mentalis Deddy Corbuzier bikin ‘heboh’. Akhir-akhir ini mulai agak banyak yang memperbincangkan masalah diet Deddy Corbuzier dan pencarian tentang metode diet ini pun marak di internet. Dalam situsnya www.readyforfit.com Mentalis Deddy Corbuzier memperkenalkan sebuah cara baru bagi
Anda yang merasa obsesitas dan ingin menurunkan berat badan dengan menyediakan e-book gratis yang bisa di download oleh siapa saja. E-book 76 halaman ini berisi tentang penjelasan diet yang ia beri nama OCD.
Obsessive Corbuzier’s Diet dijelaskan Deddy sebagai metode kuno dari Tiongkok yang kerap digunakan oleh para biksu shaolin. “This is an ancient Chinese secret. That people forget and don’t care,” begitu kata Deddy Corbuzier tentang diet nya yang kontroversial itu. 

Ia mengenal diet ini pertama kali dari seorang supir taksi di Hongkong 5 tahun silam. Waktu itu Deddy berkunjung kesana untuk mengambil sertifikat instruktur bela diri. Ia kaget melihat supir taksi yang disewanya selama satu minggu itu yang sudah berumur 72 tahun namun perawakannya tampak seperti umur 40-an.
“It’s impossible I think. So I asked him how can he achieved that,” tulisnya.
Cerita punya cerita ternyata sang supir mantan biarawan shaolin dari Cina. Saat itu ia menganggap metode diet ini tidak masuk akal. Tapi sesampainya ia di Jakarta dan setelah mencoba kembali dengan diet lamanya dan tak berhasil, ia kembali teringat rahasia sang supir taksi Hongkong itu. Kemudian ia mulai mempelajarinya dan mencari penjelasan logisnya di internet selama 1 bulan penuh. Setelah ia benar-benar yakin baru ia berani mencoba metode diet kontroversial yang awalnya tidak masuk akal itu. Itulah kenapa tulisan ini saya beri judul “Bahaya, Jangan Ikuti Diet Deddy Corbuzier”. Artinya kalau anda belum benar-benar yakin jangan sekali-kali apalagi dua-tiga kali mencobanya.
Bagaimana sih sebenarnya diet pembawa acara talk show di stasiun televesi tersebut dan kenapa dikatakan kontroversial? Berikut penjelasan 5 hal yang menjadi kontroversi,seperti yang ada dalam buku elektroniknya : 



 1. Puasa
Pola puasa 18 jam, 20 jam, sampai 24 jam yang berlaku dalam diet OCD dikatakan dikritik oleh para ahli gizi. Mereka menyebutkan bahwa pola diet tersebut dapat menjadi penyebab wanita kehilangan kesuburannya. Bahkan juga menimbulkan kekurangan nutrisi yang berbahaya bagi kesehatan.

2. Otot mengecil
Pola puasa yang ekstrem disebut-sebut dapat menyebabkan otot mengecil. Namun seperti dilansir oleh Wolipop, Deddy berkilah “Yang ngomong begitu tunjukin badannya seperti apa. Kalau badannya masih jelek jangan ngajarin saya. Buktiin saja.” Well, kita bisa lihat bagaimana otot tubuh Deddy saat ini.

3. Tidak sarapan Deddy menulis dalam e-book tersebut bahwa sarapan akan menghambat kesempatan pembakaran lemak pada saat aktifitas di pagi hari. Sedangkan para ahli mengatakan bahwa sarapan punya efek positif bagi tubuh untuk membantu program diet.

4. Diet OCD bikin wanita tak subur Deddy berkilah bahwa penelitian yang menyimpulkan hal tersebut tidak layak dijadikan acuan, sebab menggunakan sampel tikus sebagai percobaan. Tikus dan manusia berbeda, sebab tikus makhluk pengumpul makanan sedang manusia adalah makhluk pemburu makanan (food hunter). Tikus betina akan stres bila tak diberi makan, hingga kesuburannya berkurang.

 5. Puasa OCD Buat Metabolisme Menurun
Menanggapi kritik tersebut Deddy sudah menuliskan jawabannya dalam bukunya. Presenter 36 tahun itu menulis tidak makan sama sekali beda dengan berpuasa. "Penellitian telah menunjukkan bahwa dalam hingga 72 jam puasa, metabolisme tidak akan melambat (Macdonald IA, Webber J, 1995) dan itu bahkan meningkatkan sedikit metabolisme. Ya saya bilang meningkat! (Setelah melewati 72 jam baru akan menurun). Ini berarti puasa jangka pendek tidak akan menurunkan metabolisme Anda dengan sendirinya. Selama Anda tidak melakukan puasa tanpa makan sama sekali dalam keadaan lama dan masih makan cukup, Anda akan baik-baik saja dan bahkan akan meningkatkan metabolisme Anda," tulisnya. 


Nah setelah membaca metode diet ekstrim ala sang mentalis terkenal Dedy Corbuzier, apa teman-teman Rumah-Berita berniat untuk mencoba nya??










2 komentar:

  1. gila.....keren jg nih caranya..wkwkwk

    BalasHapus
  2. cuma sayang tidak ada yg pernah dijelaskan tentang berapa takaran makan yang di anjurkan.

    BalasHapus

Jika teman - teman menyukai artikel ini, sebagai tanda terima kasih kalian tolong bantu kami, hanya dengan 2 langkah mudah di bawah ini :

1. Klik tombol berbagi ke Facebook, Twitter, dan g+1.
2. Isi komentar pada kolom yang telah tersedia.