Kamis, 28 November 2013

Pertarungan Ilegal Anjing Pitbull di Indonesia

 pertarungan sadis pitbul 

Rumah-Berita, Yogyakarta - Selama berabad-abad, manusia telah sengaja mengadu hewan demi kesenangan pribadi. Manusia dengan sadar memanfaatkan hewan-hewan agresif yang secara naluriah berkelahi satu sama lain. Pertarungan hewan seperti ini bisa saja terjadi dimana saja, lintas agama, lintas suku, lintas ras, lintas budaya bahkan lintas usia. Hewan yang digunakan pun beragam, mulai dari semut sampai kuda.

Adu hewan yang kita sebut disini berarti adu hewan secara fisik, bukan hanya adu kekuatan atau kecepatan saja sehingga tak heran jika salah satu diantara hewan tersebut ada yang mati di arena aduan. Fenomena ini sudah ada dalam literatur keberadaan menusia di bumi.

Jika masyarkat umum ( pernah ) punya topeng monyet sebagai hiburan, dengan memanfaatkan monyet-monyet kecil yang menjadi alat pencari uang. Berbeda dengan masyarakat kelas atas, kini punya ajang pertarungan anjing trah besar berjenis pitbull yang eksklusif.

Ajang pertarungan sengit anjing pitbull bukanlah berasal dari Indonesia, namun kini tengah berkembang pesat di beberapa kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Denpasar.

Ranggawisnu, juru bicara Koalisi Masyarkat Nasional Antikekerasan Hewan Indonesia, menjelaskan bagaimana organisasinya bisa menemukan beberapa ajang pertarungan pitbull tersebut.

Tiket masuk ke pertarungan - pertarungan ini dijual seharga Rp.500.000,- hingga Rp.1.000.000,- dengan lokaisi yang selalu berpindah - pindah di Bali. Pertarungan pun diadakan dengan sembunyi - sembunyi. adu anjing dengan anjing selalu diadakan di tempat rahasia dan tersembunyi. Alasannya, kegiatan jenis ini biasanya melibatkan uang didalamnya. Untuk itu, kegiatan seperti ini biasanya dilakukan dibawah tanah untuk menghindari pihak berwajib.

Rekaman sembunyi - sembunyi dan foto - foto yang diambil menunjukkan kandang pertandingan yang terbuat dari papan penuh dengan darah. Rekaman itu juga menunjukkan bagaimana dua ekor pittbull terlebih dahulu dipisah dan diberdirikan oleh penjaganya dengan posisi saling memunggungi. Begitu mereka siap untuk dilepas, maka keduanya akan langsung saling menyerang satu sama lain. Salah satu pitbull dalam rekaman itu yang berwarna putih terlihat dalam posisi tiduran dan kakinya meronta - ronta dari gigitan pitbull di atasnya yang berwarna coklat.

Sama halnya dengan pertunjukkan topeng monyet yang monyetnya dilatih agar patuh, anjing - anjing pitbull yang bertarung inipun dikondisikan untuk saling menyerang.

Seekor pitbull, menurut Rangga adalah hewan yang sangat patuh pada majikannya. Maka salah satu cara pemiliknya untuk mengkondisikan si pitbull menjadi penyerang adalah dengan menyuruh mengigit. "Kalau mereka sudah mengigit, tidak akan bisa lepas. Malah terkadang butuh tang untuk melepaskan gigitannya, " kata Rangga.

Dari pembiakkan, mereka dipuasakan, dipukuli, atau diadu antar mereka sendiri dan dipaksa menggigit. Dessy Zahara Angelina. ProgramManager Animal Friends Yogyakarta malah memberikan gambaran yang lebih detail. Ada anjing - anjing pitbull yang dilatih di treademill khusus untuk tetap menjaga kekuatan mereka. Ada juga yang di taruh di lahan kosong tanpa perlindungan terpapar pada cuaca, lalu hanya diberi makanan seadanya tanpa minuman.

pertarungan pitbull yogyakarta

Dari sini, anjing pitbull akan "diseleksi" untuk melihat yang kondisinya paling kuat. Baru setelah itu, mereka yang terpilih akan diisolasi dan diberi nutrisi pilihan buat bekal di ajang pertarungan nantinya. Jika pertarungan mereka kalah, maka mereka akan dikembalikanke lapangan lagi.

Uang bukanlah motivasi bagi mereka yang notabennya masyarakat kelas atas yang terlibat dalam pertarungan pitbull, karena mereka para pemilik anjing pitbull sudah mengeluarkan uang yang juga besar untuk memelihara para petarung ini.

Memang, baik di kota Yogyakarta ataupun Bali, ada uang ratusan juta yang berputar dalam pertarungan ini. Namun, unsur kebanggaan memiliki pitbull dengan trah termurni menjadi motivasi yang lebih besar. Pertarungan menjadi cara bagi si pemilik untuk "mengetes" kemurnian trah pitbull yang mereka miliki.

Di Bali, sejak November 2010 sampai November 2013 ini, setidaknya sudah ada enam kali pertarungan, dan sekali coaching clinic oleh seorang pelatih sekaligus juri, pembiak, dan motivator asal Brazil.

Pada bulan Juli 2013, polisi sempat membubarkan acara ini, namun sayangnya para penyelenggara tidak dikenai KUHP Pasal 302 tentang Penelantaran dan Penyiksaan Hewan. "Mereka hanya sempat ditahan karena tidak memiliki izin keramaian. Sayang sekali sehingga hewannya tidak dapat disita," kataRangga. Penyelenggara memang mengajukan izin ke aparat setempat, namun menyamarkan sebagai ajang pameran atau acara olahraga.

Kota Yogyakarta malah menurut Dessy menjadi markas utama ajang pertarungan pitbull. Pada 2009, malah polsek tempat pertarungan tersebut diadakan ikut mengawal sampai menjaga pintu masuk ajang pertarungan. "Kami laporkan itu ke tingkat Polda, bahwa kenapa polsek justru mendukung aktivitas yang melanggar Pasal 302 KUHP?"

Sama seperti di Bali, acara pertarungan pitbull di Yogyakarta pun dilakukan sembunyi - sembunyi hanya dari pesan singkat (SMS) dan dari mulut ke mulut. Harga tiket masuknya relatif murah, yaitu Rp.100.000,-

Anjing Pitbull dapat menjadi anjing yang tidak patuh jika dipelihara oleh pemilik yang tidak tegas karena mereka membutuhkan sebuah aturan yang tegas. Anjing Pitbull umumnya tidak masalah dengan peliharaan lain jika mereka sama-sama dibesarkan sejak usia dini atau sudah disosialisasikan sebelumnya. Mereka sangat bersahabat, namun tidak dianjurkan bagi semua orang, karena tidak semua orang mengerti dengan baik bagaimana membesarkan dan memperlakukan anjing ini. Masalah muncul saat seorang pemilik tidak mengerti akan psikologi anjing dan membuat si anjing menganggap dirinya sebagai bos dari rumah yang ditinggalinya. Untuk anjing yang berukuran lebih kecil dan bukan anjing yang kuat, mungkin tidak terlalu terasa dengan masalah ini, namun untuk jenis anjing yang kuat seperti anjing Pitbull, seorang pemilik harus benar-benar memahami dan mengikuti konsep bagaimana memelihara seekor anjing yang benar.

Negara asal : Berasal dari Irlandia and Inggris namun diakui di Amerika
Jenis Family : Terrier
Tahun Asal :  Tahun 1800-an
Awalnya berguna sebagai : bull and bear baiting (mengumpani banteng dan beruang), ratting, dog fighting.
Saat ini berguna sebagai : companion
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi: 46-56 cm. Berat : 15 - 29 kg.
Betina : Tinggi: 46-56 cm. Berat : 13 -27 kg. - See more at: http://anjingdijual.com/thread/249/breed-of-this-week-american-pit-bull-terrier#sthash.mBowBH9D.dpuf
Namun pengunjung yang datang bukan hanya dari Yogyakarta saja, tetapi banyak juga yang datang dari luar kota, seperti Semarang, Malang, Surabaya, sampai Bali. Bahkan pengunjung dari Bali pun saat itu terlihat mempelajari sistem -sistem pertarungan. "Anakan" pitbull dari Bali pun saat itu dibeli murah dari Yogyakarta. Rangga menghitung, kira - kira Rp.5.000.000,- hingga Rp.7.000.000,- dikeluarkan hanya untuk membeli anakannya saja. 
Di pintu masuk pertarungan, hp harus dimatikan, alat perekam pun tidak diperbolehkan, karena nantinya ada dokumentasi resmi pertaurngan pitbull yang dipejualbelikan. Namun, Dessy bisa menampilkan dokumentasi dalam konferensi pers soal pertarungan pitbull ini di Jakarta pada hari Senin (24/11)


Sejak tahun 2009, menurut Dessy tidak ada lagi aktivitas pertarungan pitbull tingkat nasional yang terjadi di Kota Yogyakarta. Meski begitu, aktivitas kecil - kecilan masih kerap terjadi. Polda DI Yogyakarta, menurut dia, sudah siap menindak, namun harus ada Peraturan Daerah atau Peraturan Gubernur yang menguatkan itu.
Pemprov DI Yogyakarta juga kini sudah mengeluarkan surat edaran yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah yang menyatakan tidak akan memberikan izin atas segala aktivitas yang melakukan kekerasan terhadap hewan.


Namun sangat disesalkan bukannya berhenti, turnamen - turnamen ini malah secara bergriliya tetap melakukannya dengan berpindah - pindah wilayah. Dari Yogyakarta, Dessy menyebut Malang sebagai tujuan basecamp baru karena keberadaan beking - beking. Dari Malang, atau dari beberapa kota di Indonesia itu, para pemiliki pun membawa anjing - anjing mereka ke pertarungan pitbull internasional di Filipina dan Thailand.

Pencinta satwa dan pemilik pitbull Chico Hakin, yang hadir di konferensi pers itu bilang, bukannya ajang serupa ini tak ada di negara lain. " Tetap terjadi, tapi sudah dilarang secara tegas." Media pun menurut, Chico, kerap hanya membungkus fenomena semacam ini sebagai sebuah tren menarik, tapi bukan sebagai bagian dari penyiksaan hewan.

Dessy menambahkan, awalnya klab pemilik anjing di Yogyakarta sempat tegas pada penyelenggara partarungan. Lama - lama mereka takut juga. Alasan utamanya, "Mereka sangsi dengan kemampuan kepolisian menindak para penyelenggara ini."
Padahal, menurut Rangga bukan hanya Pasal 302 KUHP yang bisa digunakan untuk menjerat para pelaku penyelnggara ajang tarung pitbull, tapi juga adanya surat edaran Dirjen Peternakan berdasarkan rekomendasi Perkumpulan Kinologi Indonesia ( Perkin ) pada tahun 2009 yang menghimbau untuk tidak membiakkan pitbull di Indonesia karena masih banyak masyarakat yang awam dalam pengendaliannya.

Pitbull - pitbull yang dibiasakan untuk menggigit dalam pertarungan ini, menurut Rangga bisa jadi bahaya tersendiri bagi masyarakat awam. Namun, tanpa bahaya itu pun, praktik penyiksaan yang kerap terjadi dalam pertarungan pitbull sudah cukup menjadi alasan untuk menghentikannya.


Semoga saja semakin banyak masyarakat yang tergerak hatinya dan tergabung  dalam organisasi pecinta hewan, sehingga dapat terus melakukan penyuluhan atas dampak negatif yang akan di timbulkan dari hasil pertarungan ilegal ini. Dan penyiksaan terhadap hewan - hewan  yang dipaksa untuk bertarung  dapat di hentikan di seluruh negara manapun juga. Salam








Anjing Pit Bull sebenarnya adalah peliharaan yang baik hati, sangat setia, lucu, dan penuh kasih sayang, serta baik dengan anak-anak dan orang dewasa. Mereka hampir selalu menuruti perintah dan selalu bersemangat untuk menyenangkan tuannya.  - See more at: http://anjingdijual.com/thread/249/breed-of-this-week-american-pit-bull-terrier#sthash.mBowBH9D.dpuf

1 komentar:

  1. Admin numpang promo ya.. :)
    cuma di sini tempat judi online yang aman dan terpecaya di indonesia
    banyak kejutan menanti para temen sekalian
    cuma di sini agent judi online dengan proses cepat kurang dari 2 menit :)
    ayo segera bergabung di fansbetting atau add WA :+855963156245^_^
    F4ns Bett1ng agen judi online aman dan terpercaya
    Jangan ragu, menang berapa pun pasti kami proseskan..
    F4ns Bett1ng

    "JUDI ONLINE|TOGEL ONLINE|TEMBAK IKAN|CASINO|JUDI BOLA|SEMUA LENGKAP HANYA DI : WWw.F4ns Bett1ng.COM

    DAFTAR DAN BERMAIN BERSAMA 1 ID BISA MAIN SEMUA GAMES YUKK>> di add WA : +855963156245^_^

    BalasHapus

Jika teman - teman menyukai artikel ini, sebagai tanda terima kasih kalian tolong bantu kami, hanya dengan 2 langkah mudah di bawah ini :

1. Klik tombol berbagi ke Facebook, Twitter, dan g+1.
2. Isi komentar pada kolom yang telah tersedia.