Rabu, 06 November 2013

Ternyata SMS-an Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan Lho

Yogyakarta - Beberapa peneliti membuktikan efek buruk dari terlalu lama menggunakan handphone atau telepon genggam, terutama bagi kondisi fisik. Akan tetapi, sebuah penelitian sederhana membuktikan hal sebaliknya dengan menyebut bahwa pesan singkat alias SMS bisa membantu menurunkan berat badan.. Masa sich, apa benar ya daripada penasaran  yuk
kita baca lebih lanjut tentang penjelasan penelitian hal ini. 

Penelitian tersebut mengamati beberapa orang yang melakukan diet program Weight Watchers. Mereka menerima pesan motivasi dan pesan pengingat, yang hasilnya mampu menurunkan berat badan 2 kg lebih banyak dalam 12 pekan, dibanding pediet yang tidak menerima pesan tersebut.

Peneliti dari Virginia Commonwealth University Medical Centre di Richmond, Virginia, AS, mempublikasikan hasil penemuan ini di jurnal CIN. Sekitar 80 persen dari 28 partisipan mengatakan menerima pesan motivasi dan pengingat itu membantu mereka menjalankan kebiasaan-kebiasaan sehat. Mereka menerima pesan-pesan itu dua kali dalam sepekan, dan beberapa kali dirangsang untuk memberikan respons sehingga menjadi komunikasi interaktif.

Pada awal penelitian, partisipan merespons 66 persen dari semua pesan yang diterima, dan menurun menjadi 52 persen di akhir masa penelitian. Respons yang diminta seperti jawaban 'ya' atau 'tidak', yang merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan apakah partisipan sudah menjalankan tip sehat yang disarankan. Demikian dikutip dari Asiaone, Rabu (6/11/2013).

Penelitian lain bahkan melihat hubungan jenis telepon genggam yang digunakan dengan usaha penurunan berat badan. Awal tahun ini, peneliti dari University of Leeds di Inggris membuat aplikasi bernama My Meal Mate, untuk menggantikan cara mencatat diet manual. Jika biasanya menggunakan kertas, kali ini menjadi versi online. Para pengguna aplikasi ini mampu menurunkan rata-rata 4,6 kg. Orang yang diet tanpa aplikasi ini hanya menurunkan 2,9 kg berat badan, dan orang yang diet hanya menggunakan diary online hanya 1,3 kg. Ada yang mau mencoba men-aplikasikan program diet tersebut ??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika teman - teman menyukai artikel ini, sebagai tanda terima kasih kalian tolong bantu kami, hanya dengan 2 langkah mudah di bawah ini :

1. Klik tombol berbagi ke Facebook, Twitter, dan g+1.
2. Isi komentar pada kolom yang telah tersedia.