Rabu, 06 November 2013

Ular Piton 3 Meter Ditangkap dari Kali Code

Yogyakarta- Memasuki musim penghujan, warga diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap
keberadaan ular berukuran besar. Terutama yang berada di bantaran sungai. Pasalnya banyak lubang di pinggiran sungai yang menjadi persembunyian ular dan selalu berkeliaran setiap ada peningkatan aliran air.

Pada Senin (4/11/2013) malam sekitar pukul 23.45 WIB, dua warga RT 34 RW 08 Jogoyudan Jetis, Lilik Riyanto dan Wahyuno berhasil menangkap ular piton berukuran jumbo di Kali Code. Ular tersebut ditangkap saat hendak naik ke atas talut. "Biasanya saat hujan, banyak ular yang berkeliaran dari lubang-lubang di pinggir sungai," tandas Lilik saat ditemui, Selasa (05/11/2013). Ular piton yang ia tangkap berjenis kelamin jantan. Panjangnya mencapai sekitar 3 meter dengan berat 12 kilogram. Selain menangkap seekor ular berukuran besar, warga juga menangkap 2 ekor ular piton berukuran kecil. Ditengarai, ular yang masih kecil tersebut merupakan anakan, sehingga diperkirakan, ular piton besar berjenis kelamin perempuan masih berkeliaran di Kali Code. Lilik mengaku, penangkapan ular piton jumbo di Kali Code bukan kali ini saja ia lakukan. Ia sudah berhasil menangkap 5 ular sejak Januari 2013 lalu. "Semalem saya sempat khawatir itu ular jadi-jadian karena muncul saat malam satu suro. Setelah diperhatikan cukup lama dan dipastikan ular beneran, baru saya tangkap," paparnya. Wahyuno menambahkan, saat ditangkap, ular tersebut cukup agresif. Selain lilitan yang cukup kuat, lengan kirinya juga sempat digigit. Beruntung, ular piton merupakan ular dengan jenis tak berbisa sehingga dirinya tidak terlalu khawatir. "Biasanya ular yang kami tangkap itu tidak terlalu melawan," ujarnya sembari menunjukkan beberapa bekas gigitan ular di lengannya. Ular tersebut saat ini diamankan warga agar tidak memakan ternak milik warga.  Meski begitu, hingga saat ini belum ada keluhan ternak atau ayam milik warga yang hilang akibat dimakan hewan liar tersebut.

Hmmm..buat teman-teman yang berdomisili di Kota Yogyakarta, harus hati-hati nich..musim penghujan sudah datang, udara adem sich untuk istirahat pun menjadi nyaman, tapi harus waspada juga dengan kedatangan tamu yang tak di undang yaitu ular-ular..hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika teman - teman menyukai artikel ini, sebagai tanda terima kasih kalian tolong bantu kami, hanya dengan 2 langkah mudah di bawah ini :

1. Klik tombol berbagi ke Facebook, Twitter, dan g+1.
2. Isi komentar pada kolom yang telah tersedia.