Rabu, 06 November 2013

Walikota Yogyakarta Melakukan Sidak di Kantor BLH

Yogyakarta - Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti melakukan sidak ke kantor BLH Kota Yogyakarta, Rabu (06/11/2013). Walikota memeriksa sarana dan
prasarana, baik itu kendaraan, maupun peralatan kebersihan lain.
Haryadi menjelaskan, kunjungannya dilakukan untuk menindaklanjuti adanya keluhan dan usulan dari beberapa pihak mengenai BLH atau sarana kebersihan di Kota Yogyakarta. Ia mencatat paling tidak ada 10 keluhan dimana lima diantaranya bisa ditindaklanjuti. "Persoalan yang utama adalah gedung kantor BLH yang kurang layak dan representatif. Ini ke depan bisa kita perbaiki," ujarnya.
Masalah lain menurutnya adalah  keberadaan laboratorium lingkungan untuk pemeriksaan kualitas air dan udara yang belum jelas statusnya, belum terakreditasi. Selain itu Instalasi Pengolahan Sampah Terpadu (IPST) di beberapa tempat belum dioperasikan secara optimal.
"Masalah lain adalah keterbatasan SDM di lapangan. Ini perlu diperjelas lagi, berapa kekurangannya, sehingga bisa dicarikan tenaga baru. Tenaga pengelolaan sampah harus terus berjalan seiring bertambahnya penduduk," ujarnya.
Masalah lain adalah kurangnya truk pengangkut sampah. Saat ini menurutnya ada 31 truk dan dua diantaranya tidak bisa lagi beroperasi karena usia. "Akan diadakan lagi peremajaan truk 12 unit secara bertahap. Kami sepakat mewujudkan Kota Yogyakarta yang bersih," ujarnya.
Haryadi juga mencermati keberadaan 'stoom' tua berkarat buatan Belanda yang ada di kantor BLH. Ia meminta 'stoom' itu untuk dirawat dan dimonumenkan di Kantor BLH. "Taruh di sini saja, dimonumenkan, dicat, diberi tempat dan keterangan, sehingga bisa menarik. Sementara mobil tua milik BLH yang sudah tidak bisa beroperasi jangan ditaruh di sini, kesannya seperti kendaraan parkir," imbau walikota.

:: Sidak ke kantor-kantor pemerintahan untuk menindaklanjuti keluhan-keluhan masyarakat serta blusukan-blusukan  langsung ke pemukiman warga, saat ini menjadi sering dan banyak di lakukan oleh walikota ataupun gubernur di beberapa provinsi di Indonesia..semoga saja dengan aktivitas ini bisa melihat langsung kekurangan sarana dan prasana yang dari dulu di rasakan oleh rakyat. Sehingga rakyat pun yang masih jauh dari sarana dan prasara publik yang dulu di rasakan sangat sulit menjadi mudah nantinya. selamat bekerja ya untuk bapak-bapak walikota dan gubernur serta wakil rakyat yang duduk di pemerintahan. selalu semangat dalam membangun menuju Indonesia Baru. 























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika teman - teman menyukai artikel ini, sebagai tanda terima kasih kalian tolong bantu kami, hanya dengan 2 langkah mudah di bawah ini :

1. Klik tombol berbagi ke Facebook, Twitter, dan g+1.
2. Isi komentar pada kolom yang telah tersedia.