Sabtu, 09 November 2013

Iklan Sedih Penuh Makna



Rumah-Berita, Yogyakarta - Dalam menonton sebuah program di televisi, tidak lepas pastinya kita selalu di selingi oleh  iklan berbagai macam produk. Tetapi ada satu iklan yang menarik dari negara tetangga kita, yang patut untuk kita contoh dan renungkan. Iklan tersebut di buat seperti sebuah film berdurasi pendek, dan di publikasikan kepada khalayak ramai pada 20 September 2013. Sedikit penjelasan tentang iklan tersebut, yakni ;
Film dimulai dengan adegan seorang bocah tertangkap basah mencuri pil di apotek untuk ibunya yang tengah sakit.

Saat tengah dimarahi oleh pemilik apotek, muncullah pemilik rumah makan yang berada tak jauh dari lokasi kejadian. Pria tersebut kemudian membayar pil yang telah dicuri sang bocah. Tak hanya itu, pria tersebut juga memberikan anak laki-laki itu makanan.

Singkat cerita, tiga puluh tahun berlalu dan pemilik rumah makan masih memberikan makanan kepada pengemis dengan bantuan anaknya. Namun saat tengah bekerja, pria tersebut mendadak pingsan dan dibawa ke rumah sakit.

Sang putri kemudian diharuskan membayar tagihan rumah sakit sebesar £15.500. Untuk membayar tagihan itu, ia pun berusaha menjual rumahnya.

Namun, tiba-tiba seorang pria misterius membayar lunas biaya rumah sakit. Dalam surat tagihan terselip catatan kecil bertuliskan,"Seluruh biaya telah dibayar dengan tiga bungkus obat penghilang rasa sakit dan sekantong sup."

Ternyata pria misterius itu adalah bocah yang pernah ditolong oleh pemilik warung makan. Takdir mempertemukan keduanya kembali. Kini, pria tersebut bekerja sebagai dokter di rumah sakit dan kebetulan merawat sang pemilik warung makan.

Iklan ditutup dengan kalimat,"Memberi adalah komunikasi terbaik."

Usai menyaksikan iklan tersebut tak sedikit pengguna internet yang menangis. Rata-rata mereka menyebut iklan tersebut sangat menginspirasi dan emosional.

Bahkan ada salah seorang pengguna internet yang menilai bahwa sutradara Hollywood tidak mampu membuat film semacam ini. "Hollywood tidak bisa membuat ini. Sebuah film tiga menit membuat pria dewasa menangis," komentarnya.

:: Memang banyak iklan yang di tayangkan di televisi, ada yang mendidik dan ada juga yang penuh dengan trik dalam hal pemasaran produk iklan itu sendiri, yang selalu mengabaikan dan jauh dari iklan mendidik. Alangkah indah nya apabila lebih banyak iklan-iklan yang di tayangkan mengandung makna dan mendidik. Semoga makin banyak iklan yang di buat tidak hanya mementingkan hal pemasaran produknya saja ya teman-teman. Karena sebuah iklan yang berdurasi singkat terbukti mampu menyampaikan hal positif ke masyarakat luas.

2 komentar:

  1. sangat mengharukan..........huhuhuhuuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia ni iklan berdurasi singkat tp penuh makna..

      Hapus

Jika teman - teman menyukai artikel ini, sebagai tanda terima kasih kalian tolong bantu kami, hanya dengan 2 langkah mudah di bawah ini :

1. Klik tombol berbagi ke Facebook, Twitter, dan g+1.
2. Isi komentar pada kolom yang telah tersedia.