Kamis, 07 November 2013

Hati - Hati..!! Terkena Wasir Bila BAB Sambil Baca

Rumah-Berita , Yogyakarta- Hayoo jujur pasti sebagian dari kita gemar melakukan buang air besar (BAB) sambil membaca suatu tulisan, atau juga sebagian dari kita ada yang terbiasa dengan merokok, nah kali ini yang akan di bahas dalam artikel ini yaitu kebiasaan ketika membuang air besar membawa bacaan entah itu koran, majalah, tabloid, novel, komik dan sebagainya. Dengar-dengar katanya  kalo sambil baca bisa membuat aktivitas tersebut jadi semakin asik. Bahkan, terkadang ada yang sampai lupa waktu lho teman-teman, kalo sudah keasyikan baca walaupun sebenarnya aktivitas membuang isi perutnya sudah selesai.
Nah, kalau teman-teman salah satu pelakunya, sebaiknya tinggalkan deh kebiasaan buruk ini. hmm pasti teman-teman dalam hati sambil membaca artikel ini, lho emang kenapa? penasaran pastinya..baca lagi selengkapnya yuk. Semakin lama teman-teman dalam posisi BAB dan dilakukan secara rutin tiap hari, maka
teman-teman akan mempunyai potensi lebih besar terkena wasir. Apalagi jika teman-teman juga jarang mengonsumsi serat, potensinya jadi jauh lebih besar lagi.
Alasannya, posisi buang air besar memberikan tekanan dan stres di area dubur. Tekanan ini dapat membuat pembengkakan pada peredaran darah di anus. Kalau kloset Anda versi duduk, maka bisa memperparah keadaan wasir akibat tidak lancarnya peredaran darah di sekitar dubur.
Pencegahan yang paling mudah adalah banyak mengonsumsi serat. Serat membantu kotoran untuk lebih mudah dikeluarkan, tidak keras, dan mengurangi tekanan saat mengejan. Setidaknya Anda perlu makan serat 30-35 gram setiap hari. Namun, kebiasaan membaca sambil BAB pun perlu dihindari agar semakin meminimalkan tekanan di anus penyebab wasir. Nah gimana setelah membaca alasan dan penjelasan nya, pasti sulit ya untuk meninggalkan sebuah kebiasaan yang sering kita lakukan. Yang penting selalu semangat untuk hidup sehat dan mau melakukan anjuran serta saran - saran yang positif untuk menjaga kesehatan kita.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika teman - teman menyukai artikel ini, sebagai tanda terima kasih kalian tolong bantu kami, hanya dengan 2 langkah mudah di bawah ini :

1. Klik tombol berbagi ke Facebook, Twitter, dan g+1.
2. Isi komentar pada kolom yang telah tersedia.